Mahasiswa UM Jember Raih Juara LKTI Tingkat Nasional

Samarinda – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) kembali mendulang prestasi dalam bidang Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional.

Yongki Dwi Pranada (FKIP Matematika) bersama Ayu Diana Sari(FKIP  Matematika) dan Habib Rois (FKIP Bahasa Indonesia) berhasil meraih juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional SCIENTIST 2017  yang diselenggarakan selama 3 hari, tanggal 30 September 2017 - 02 Oktober 2017 di Universitas Mulawarman,Samarinda.

Lomba karya tulis mahasiswa ini merupakan serangkaian agenda SCIENTIST event dengan penyelenggara BEM FMIPA Unmul (Universitas Mulawarman) dengan tema “Peran Sains dan Teknologi Dalam Pembangunan Bangsa”, dalam upaya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah kreatif serta inovatif untuk kepentingan bangsa dan negara. Khususnya dalam  pengembangan  Ilmu Pengetahuan  Teknologi  dan  Sains (IPTEKS).

Senin (9/10) saat Warta UMJbertandang untuk wawancara, peserta even  ini adalah mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia. Tidak kurang dari 100 tim yang terdaftar dalam kompetisi ini, kemudian di tentukan 23 tim menjadi 10 tim pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional  yang di lombakan dalam kegiatan ini pada kategori Sains.
“Saya dan tim mengikuti lomba kategori kajian sains. Peserta berasal dari ITS Surabaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Jendral Sudirman, Universitas Pertamina, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Jember dan ada teman kompetisi dari Universitas Mulawarman juga. Total tim lawan kami dalam 1 kategori yang masuk tahap final ada 10 tim,” tutur Yongky.

Tim yang diketuai oleh Yongky Dwi Pranada ini mengangkat ide tentang“Bioplastic Berbasis Kulit Buah Naga Sebagai Biofoam Pendeteksi Kebusukan Ayam”.Inovasi ini diambil dari pengembangan terdahulu, namun di modifikasi dalam metode pengolahan oles pada Biofoam tersebut. Nantinya kadar Biofoam bereaksi pada indikator warna dan asam basa (anti mikroba) selama 0 hingga 15 jam terjadi aroma tidak sedap.Persiapan selama perlombaan, Tim belajar dengan cara pratikum seadanya dan presentasi. Selama pertandingan, 7 menit waktu untuk penyaji presentasi hasil dan 13 menit tanya jawab dengan dewan juri “ ungkap Yongky”.

 

Kelebihan dari inovasi ini terciptanya inovasi baru pada metode pengolahan oles pada Biofoam, pendeteksi keasaman pada kemasan styrofoam makanan. Dengan ide inovasi tersebut, mereka menjadi juara 1 dalam kompetisi ini. Juara 2 di menangkan tim dari ITS dan Juara 3 dari Universitas Muhammadiyah Malang.


“Kunci utama perjuangan kami adalah kekompakan tim dan saling memback-up. Kegiatan kuliah saat itu padat sehingga banyak waktu istirahat dan kesibukan lain yang kita sisihkan agar dapat fokus persiapan ke Samarinda. Intinya adalah asal kita mau memperjuangkan sesuatu hal dengan doa dan usaha maksimal insyaallah hasilnya akan mengikuti. Persaingan di event ini sangat ketat dan kompetitif karena teman kompetitor kami juga kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Tapi Alhamdulillah tim kami bisa memberikan yang terbaik,” papar Yongky. (ADP)

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id